Donasi Infaq dan Sedekah untuk pembangunan Kembali Surau

I. Umum
Bencana alam yang terjadi di bumi membuat rusaknya sarana infrastruktur termasuk sarana dan prasarana peribadatan ummat muslim di berbagai belahan dunia. Perhatian pemerintah yang kurang atas percepatan refungsionalisasi, rekonstruksi dan rehabilitasi sarana peribadatan pasca bencana alam membuat sebahagian ummat muslim tidak dapat melakukan aktivitas peribadatan dengan baik.

Rentannya ummat muslim dipengaruhi oleh aksi-aksi permutadan pasca bencana alam membuat percepatan efektivitas dan refungsionalisasi kembali sarana dan prasarana peribadatan adalah salah satu solusi dengan mendayagunakan segala potensi untuk kemaslahatan umat dan bangsa agar aktifitas dakwah dan syiar islam yang membawa rahmat tetap abadi di hati ummat muslim dan kembali bersemi di seluruh belahan dunia pasca bencana alam.

Tugas-tugas seperti ini hanya dapat dicapai dengan maksimal bila terorganisir dengan baik. Untuk itulah diperlukan sebuah wadah/komite pelaksana yang diberi nama Komite Pelaksana Refungsionalisasi dan Rehabilitasi Surau disingkat dengan KPRRS. Lahirnya Komite Pelaksana Refungsionalisasi dan Rehabilitasi Surau (KPPRS) sekaligus menunjukkan kepedulian dan keseriusan untuk melaksanakan refungsionalisasi, rekonstruksi dan rehabilitasi infrastruktur peribadatan ummat muslim pasca bencana alam secara professional, proporsional, independen, berkelanjutan, bertanggungjawab, komprehensif dan holistik .

Bertolak dari kesadaran tersebut, dibentuk sebuah komite pelaksana profesional untuk melakukan kerja bersama mengeluarkan umat dari keterpurukan pasca bencana alam dan turut menyebarkan Islam yang hanif nan rahmatan lilalamin. Untuk membantu merealisasikan tugas-tugas tersebut, diperlukan acuan dan peraturan dalam bentuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sebagai berikut:.

Komite Pelaksana Refungsionalisasi dan Rehabilitasi Surau (KPRRS) ini didirikan di Pariaman pada hari Jum’at, tanggal 19 Syawal 1430 Hijriah bertepatan dengan tanggal 9 Oktober 2009 Masehi dan didirikan untuk kurun waktu yang tidak ditentukan.

Komite Pelaksana Refungsionalisasi dan Rehabilitasi Surau (KPRRS) berasaskan Pancasila dan berlandaskan “Kemanusiaan, Keadilan Sosial, dan Keagamaan”.

Komite Pelaksana Refungsionalisasi dan Rehabilitasi Surau (KPRRS) merupakan organisasi professional sosial-keagamaan kebajikan yang bersifat independen.

KPRRS adalah Organisasi Kemasyarakatan professional yang bertujuan untuk mewadahi dan melaksanakan refungsionalisasi, rekonstruksi dan rehabilitasi rumah ibadah pasca bencana dengan mendayagunakan segala potensi untuk kemaslahatan umat dan bangsa agar aktifitas dakwah Islamiyah yang membawa rahmat kembali bersemi.
Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Melakukan recovery, refungsionalisasi, rehabilitasi dan rekonstruksi sarana dan prasarana peribadatan ummat muslim yang rusak akibat bencana alam secara professional, proporsional, independen, berkelanjutan, bertanggungjawab, komprehensif dan holistik.

2. Menumbuhkembangkan kembali syiar islam Adaik Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah pasca bencana yang meluluh lantakan sarana dan prasarana peribadatan ummat muslim seperti: Mesjid, Mushala, Surau, Pesantren Tradisional, Taman Pendidikan Al Quran dan atauTaman Pendidikan Seni Al Quran serta Madrasah Diniyah Awaliyah.

3. Melakukan tahapan mulai dari tahap pra konstruksi, konstruksi sampai pasca konstruksi sarana dan prasarana peribadatan ummat muslim tersebut agar dapat dimanfaatkan kembali untuk melakukan kegiatan peribadahan.

4. Menyusun grand design yang komprehensif dan holistik perencanaan pembangunan kembali sarana ibadah islam yang rusak.

5. Menumbuhkembangan kembali Gerakan Kembali ke Surau dengan mengfungsikan kembali Surau sebagai basis ummat muslim.

6. Melakukan pembinaan berkelanjutan agar syiar islam tetap abadi di hati ummat muslim pasca bencana alam.

7. Penyaluran bantuan logistik untuk perlengkapan atau kelengkapan sarana dan prasarana peribadatan ummat muslim.

8. Pemberdayaan ekonomi ummat pasca bencana alam dengan melakukan pendirian Baitul Mal Taqlim (BMT) yang berbasis surau dan berbasis syariah khusus untuk korban bencana alam.

9. Terciptanya solidaritas, kebersamaan, kesatuan dan persatuan, saling membantu dan kerja sama antar sesama lembaga dan semua pihak yang menaruh kepedulian terhadap kehidupan keagamaan.

10. Menyelenggarakan komunikasi dan silaturrahim serta kerjasama dengan berbagai kalangan, baik perseorangan, lembaga, perhimpunan, pemerintah maupun swasta dalam bingkai ukhuwah Islamiyah dan persaudaran bangsa.

11. Berperan aktif dalam membantu kegiatan pengembangan pendidikan keislaman dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa.

12. Turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah dalam bingkai kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

13. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat untuk ummat muslim.

Asalammualaikum Wr Wb…
Mohon doa & dukungannya insya ALLAH, Komite Pelaksana Refungsionalisasi & Rehabilitasi Surau (KPRRS) untuk tahap I akan memperbaiki 180 Mesjid 897 Mushala/Surau, 89 TPA-TPSA/MDA yang roboh akibat gempa 7,9 SR di Padang Pariaman, Pariaman & Agam.
Donasi Zakat, Infaq dan sedekah untuk membangun kembali infrastruktur ibadah pasca gempa 7,9 SR dapat disalurkan ke nomor rekening:
a) No Rekening 2760 009 374, BSM Cabang Pariaman;
b) No Rekening 0189 141 311, BNI Syariah Cabang Padang Syariah;
c) No Rekening 7100 0220 0660 51, Bank Nagari Syariah (BPD Sumbar) Cabang Syariah Padang;
d) No Rekening 421 0351 622, Bank Muamalat Cabang Padang;
e) No Rekening 0321 594 491, BCA Cabang KCU Padang;
f) No Rekening 111 000 565 0219, Bank Mandiri Cabang Padang Lapangan Imam Bonjol ;
g) No Rekening 040 1090 358, Bank Bukopin Cabang Padang;
h) No Rekening 005 088 3031, BNI Cabang Imam Bonjol Padang;
i) No Rekening 5703 044 677, Bank Panin Cabang KCU Padang
j) No Rekening 4110 1000 25163, Bank CIMB Niaga Cabang Padang
k) No Rekening 00009 0156 0000 160, Bank BTN Cabang Padang
l) No Rekening 410 1984 414, Bank Permata Cabang Padang
m) No Rekening 340 8100 24877, Bank OCBC NISP Cabang Padang
n) No Rekening 1007 0210 0043 97, Bank Nagari (BPD Sumatera Barat) Cabang Pasar Raya Padang
Kantor DPP KPRRS
Jalan Nan Tongga A/5, Kelurahan Kampung Gadang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Republik Indonesia, Kode Pos 25523
Telepon:
+62-751-8276781, +62-751-9826781, +62-813-63-078890, +62-819-75-11300

post pada

Jumat, 23 April 2010

sumber

http://www.kprrs.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s